17/12/13

TEORI ASIMETRIS DALAM DUNIA DESAIN WEB

Share it Please


Hai Sribuddies. kali ini, mari kita bahas mengenai teori tentang asimetris dalam dunia desain web. Tentunya dalam membuat sebuah web tidak hanya harus terlihat bagus dan menarik, tetapi sebuah web yang baik adalah web yang seimbang. Keseimbangan adalah aturan dari kekontrasan visual yang sangat penting, karena sangat bermanfaat bagi pengunjung.

Lalu apa yang dimaksud dengan teori asimetris? Dalam dunia desain web, terkadang dapat terjadi adanya objek-objek yang berlawanan. Misalnya sisi satu memiliki objek lebih kecil dari objek yang lainnya. Keseimbangan Asimetris dapat memberi kesan santai dan casual. Tetapi, penggunaan asimetris akan memiliki kesulitan tersendiri bagi desainer, karena ia harus menentukan layout dengan teliti untuk memberikan kesan bahwa desain tersebut seimbang. Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai teori asimetris dalam dunia desain web mari kita bahas lebih dalam.

Bully Entertainment



Terkadang saat anda melihat hal-hal yang asimetris, Anda mungkin akan berpikir itu tidak akan berhasil untuk menghasilkan simetris yang sempurna bukan? Tetapi sebagai permulaan mengenai gagasan teori ini, mereka menghasilkan hasil yang cukup baik. Mereka membuat ukurang yang besar, membuat ilustrasi desain yang baik, dan mengimbanginya dengan text. Ukuran mereka memastikan mereka sangat terlihat. Inilah yang disebut keseimbangan alami antara elemen tunggal yang besar dan alternative yang dikemas lebih padat.

Jorge Rigabert



Dalam dunia desain web, layout pada web ini terlihat cukup standar yang berisikan sebuah kolom kecil yang berisi navigasi, kemudian di sisi lainnya terdapat kolom yang lebih besar yang berisi isi konten. Kemudian, coba perhatikan side bar pada web ini. Hal tersebut dapat dikatakan asimetris, tetapi hal tersebut dapat menyeimbangkan kolom konten. Tetapi tentunya tanpa latar belakang gelap, side bar tidak akan menonjol.

GAMBAR UNTUK MENYEIMBANGKAN TEKS

Setelah Anda melihat kedua contoh sederhana dari teori asimetris dalam dunia desain web, mari kita bahas pendekatan lainnya. Pendekatan lain yang cukup standar dipakai dalam desain asimetris untuk desain web adalah memasangkan gambar dengan teks. Seperti yang akan Anda lihat dalam contoh di bawah ini, masing-masing memiliki gambar besar. Gambar ini dipasangkan dalam beberapa cara dengan blok teks. Kombinasi ini sangat umum. Dan caranya pun cukup jelas, hanya memastikan keduanya melengkapi satu sama lain. Berikut adalah beberapa contoh untuk dipertimbangkan.

Cake Sweet Cake



Desain ini terlihat hampir sempurna keseimbangannya. Dan mereka tidak takut untuk menggunakan beberapa aspek asimetris. Coba anda perhatikan baik-baik. Mereka menggunakan gambar kue yang sangat besar dan mengkombinasikannya dengan teks. Dalam kasus ini, gambar kue tidak hanya memberitahukan kita bahwa ini adalah web toko kue, tetapi mereka juga memberikan gaya tertentu yang dapat mereka tawarkan pada pelanggan. Hal tersebut dapat membuat pelanggan terasa nyaman dan tertarik dengan ilustrasi web ini.

More Soda



Contoh ini juga menggunakan elemen desain asimetris berdasarkan gambar besar yang dikombinasikan dengan teks. Gambar tersebut diciptakan dengan arti keseluruhan pada gaya situs ini. Walaupun sedikit kurang fungsional, akan tetapi hal tersebut membuat anda semakin penasaran dengan apa yang dimaksud dengan situs ini.

Adaptive Web Design



Situs ini sangat sederhana. Situs ini berguna untuk mempromosikan buku. Dan tentu saja dapat anda lihat manfaatnya hanya dengan melihat gambar buku yang terdapat dalam situs ini. Kombinasi gambar dan teks membuat anda memiliki area yang seimbang yang tentunya mengandung semua elemen penting. Pendekatan ini sangat sederhana tetapi fokus dan jelas.

ELEMEN LATAR BELAKANG DAN LATAR DEPAN

Pendekatan lainnya selain kombinasi antara gambar dan teks dapat anda lihat pada latar depan dan latar belakang. Pendekatan ini menciptakan dinamika yang menarik dimana latar belakang seolah dapat berperan lebih fungsional sebagai bagian dari konten namun tetap menjadi latar belakang yang baik. Berikut adalah beberapa contoh untuk dipertimbangkan.

Peter McLeavey Gallery



Situs web ini adalah demontrasi yang sempurna mengenai latar belakang yang memberikan banyak peran. Pertama, latar belakang berfungsi untuk menciptakan keseimbangan asimetris dengan lingkaran abu-abu besar di latar depannya. Kombinasi ini dapat menciptakan dua daerah yang tidak membuat mata bosan. Sedangkan yang kedua, perhatikan elemen di sebelah kiri yang berisi branding utama dan link ke konten situs. Latar belakanglah yang akan memberitahu Anda tentang konteks situs tersebut.

Aleksandar Grkinic



Halaman “About Me” pada Situs ini mencakup ide yang sangat sederhana dimana latar belakang menyeimbangi latar depan yang asimetris. Walaupun latar belakang ini tidak terlalu jelas maksudnya, tetapi dalam dunia desain web dapat kita lihat bahwa situs ini memiliki ilusi yang baik. Terkadang desain yang sederhana memang terlihat lebih luar biasa.

Robert Dabi



Dalam hal ini, latar belakang memang memainkan peran yang menarik dalam desain, tetapi tidak menghasilkan elemen asimetris seperti yang telah kita lihat di beberapa situs diatas. Dapat kita lihat bahwa situs ini cukup baik memberikan ilusi kepada pengunjungnya dengan cara mengaburkan garis dengan sesuatu yang sederhana seperti bayangan dibawah gambar. Dan itu membuat latar belakang dan latar depan menyatu dengan baik sehingga terlihat segar dan bersih.

Dan ini beberapa contoh desain web yang mengandung unsur asimetris didalamnya.


Greenluv


Andersson Wise


Forecast

13 Wives

 

Raffles Institution



Urban Svensson



Carousel



Purelize



Buses at the Brewery



Humaan
- See more at: http://blog.sribu.com/2013/09/17/teori-asimetris-dalam-dunia-desain-web/#sthash.rbAM5Uxs.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar